..:: Selamat Datang Di Aan Samudra Blog - Memberikan Berbagai Tutorial dan Artikel Menarik Lainnya ::..

Friday, January 14, 2011

Tips Mengerjakan Tes Listening Toefl

Tes Toefl terdiri dari tiga bagian, antara lain:

1. Toefl Listening Comprehension Test, terdiri dari 50 soal
2. Toefl Structure and Written Test, terdiri dari 40 soal
3. Toefl Reading Comprehension Test, terdiri dari 50 soal

Berikut saya akan memberikan tips bagaimana mensiasati tes listening Toefl. Listening Comprehension Test yang terdiri dari 50 soal, dibagi dalam tiga section yakni section A = 30 soal, section B = 8 soal dan section C = 12 soal. Listening section A berupa dialogue atau percakapan antara dua orang (orang pertama bertanya dan orang kedua menjawab. Narrator akan membuat pertanyaan berdasarkan percakapan antara orang pertama dan kedua. Dan semua pertanyaan Narrator hanya dituju pada jawaban orang kedua. Berarti Anda harus lebih fokus pada jawaban orang kedua.

Pertanyaan pertama: apakah Anda harus mendengarkan semua percakapan dari orang pertama dan orang kedua? Jawabannya boleh – boleh saja, namun yg lebih penting Anda harus bisa menangkap jawaban orang kedua.

Pertanyaan kedua: Apakah Anda harus mendengarkan semua kalimat yang dijawab orang kedua? Jawabannya boleh – boleh saja. Namun yang lebih penting Anda harus bisa menangkap salah satu kata kunci pada jawaban orang kedua.

Pertanyaan ketiga: Kata kunci apakah yang dimaksud? Kata kunci yang dimaksudkan disini adalah kata kerja (verb) dan kata sifat (adjective). Mengapa kata sifat dan kata kerja dijadikan kata kunci? Karena yang anda cari adalah KATA LAIN/SINONIM (kata yang mempunyai arti yang sama) dengan kata kunci pada jawaban orang ke -2.

Contoh dalam percakapan:

Merry: Hi Bob, do you bring my English book? I need to finish my homework tonight.
Bob: Oh, sorry. I forget to bring it.
Narrator: What does the man (Bob) mean?
A. The man forgets to bring the book.
B. The man does not know about the book.
C. The man brings Merry’s book.
D. The man does not remember to bring the book.

Jawaban yang betul adalah D (The man does not remember to bring the book). Kata kunci pada jawaban orang ke -2 adalah forget. Maka Anda harus mencari jawaban lain yg artinya sama dengan kata forget yakni does not remember. Forget adalah kata kerja (verb). Biasanya sinonim berupa kata sifat (adjective) dan kata kerja (verb).

Mudah – mudahan Anda mengerti penjelasan singkat saya ini. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment

Silakan Anda berkomentar, Namun tetap Jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. SObat yang me-link saya, saya balas dengan me-link sobat..

 
Dibuat Oleh: Aan Samudra