..:: Selamat Datang Di Aan Samudra Blog - Memberikan Berbagai Tutorial dan Artikel Menarik Lainnya ::..

Wednesday, November 3, 2010

Aplikasi Pengolahan Data Laporan Penerimaan Bulanan Pada CV Pacira Taxi Pontianak Dengan Visual Foxpro 6.0

Pengolahan data laporan penerimaan bulanan pada perusahaan jasa transportasi Pacira Taxi Pontianak merupakan suatu tahapan dimana antara matari akuntansi dan materi komputer digabungkan yang terbentuk dalam satuan database menggunakan aplikasi Microsoft Visual Foxpro 6.0. Dalam pengolahan datanya, penulis mengambil sumber dan data yang berkaitan dengan data pengirim, data penerima, data transaksi pengiriman, data penyewaan mobil, dan data penumpang. Dengan adanya data tersebut, penulis membuat masing-masing tabel yang merupakan bagian dari suatu database pengolahan ini.
Langkah yang diambil oleh penulis dalam membuat laporan penerimaan ini adalah diawali dengan pembuatan project. Adapun projectnya diberi nama “Pacira”. Setelah pembuatan project selesai, penulis melanjutkan pada pembuatan Database yang diberi nama “Pacira” juga. Setelah project dan database telah dibuat, langkah yang selanjutnya adalah dengan membuat tabel-tabel dari masing-masing sumber data yang ada. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan formulir-formulir berdasarkan tabel yang telah dibuat dengan tujuan untuk media input dan datanya akan masuk dalam tabel yang telah dibuat tadi. Data yang telah masuk dapat dilihat dengan menggunakan laporan-laporan dari masing-masing tabel tadi yang penulis sajikan dalam bentuk kertas tampilan yang juga dapat diprint (print layout). Setelah akhir bulan dari hasil input data tadi yang akan menghasilkan pendapatan , sedangkan pembebanan diinput manual kemudian akan dibuat suatu laporan penerimaan bulanan yang berupa laporan laba/ rugi periode bulanan. Untuk menjalankan aplikasi ini dibutuhkan suatu menu utama agar para pemakai (user) menjadi lebih mudah dalam mengaplikasikannya. Untuk itu penulis juga menyajikan semua program yang telah dibuat dalam suatu formulir menu utama. Formulir menu utama ini mencakup seluruh formulir-formulir input tadi sehingga mudah digunakan.
Bagi Anda yang ingin mendownload filenya, klik dibawah ini:
01. Kata Pengantar
02. Bab I Pendahuluan
03. Bab II Gambaran Umum Perusahaan
04. Bab III Pembahasan
05. Bab IV Penutup
06. Lampiran

1 comments:

Fatra said...

Gan Boleh kah saya minta BabIII pembahasannya?
Kirim ke Email ya gan,,!!!
Fatra90@gmail.com

Post a Comment

Silakan Anda berkomentar, Namun tetap Jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. SObat yang me-link saya, saya balas dengan me-link sobat..

 
Dibuat Oleh: Aan Samudra