..:: Selamat Datang Di Aan Samudra Blog - Memberikan Berbagai Tutorial dan Artikel Menarik Lainnya ::..

Tuesday, December 28, 2010

Teori Produksi dan Estimasi

Produksi (Production) : Transformasi dari berbagai input atau sumber daya menjadi output berupa barang dan jasa. Input (inputs) : berbagai sumber daya yang digunakan dalam memproduksi barang dan jasa. Input tetap (fixed inputs) : input yang tidak dapat diubah dengan mudah selama periode waktu tertentu, kecuali dengan mengeluarkan biaya yang sangat besar (pabrik, perlengkapan khusus). Input variabel (variable inputs) : input yang dapat divariasikan atau dapat diubah secara mudah dan cepat.(bahan mentah, tenaga kerja terdidik). Periode waktu dimana paling tidak ada satu input yang tetap disebut : periode jangka pendek (short run), sedangkan apabila periode waktu dimana seluruh input adalah variabel disebut jangka panjang (long run)


Dalam Industri Modern : aktivitas produksi bukan sekedar transformasi Input Ke Ouput, tetapi dipandang sebagai penciptaan NILAI TAMBAH.
Proses transformasi nilai tambah dari input menjadi output melibatkan Komponen struktural dan fungsional. Komponen Struktural : bahan (material), mesin dan peralatan, tenaga kerja, modal, energi, informasi, tanah, dll. Komponen Fungsional : supervisi, perencanaan, pengendalian, Koordinasi, dan kepemimpinan yang berkaitan dengan manajemen dan organisasi. Sistem produksi selalu berada dalam lingkungan, sehingga aspek-aspek lingkungan seperti : perkembangan teknologi, sosial dan ekonomi, serta kebijakan pemerintah akan mempengaruhi keberadaan sistem produksi.

Materi ini membahas tentang: Sistem Produksi, Fungsi Produksi, Kurva Produk Total, Marjinal, Rata-Rata dan tahapan produksi. Selain itu juga membahas tentang Hukum Hasil yang semakin Menurun (law of diminishing return) dan Tahapan Produksi.
Untuk lebih jelasnya anda dapat mendownload materinya dibawah ini:


Diambil dari berbagai sumber

1 comments:

ryant said...

minta ijin copy bahan di atas gan,........

Post a Comment

Silakan Anda berkomentar, Namun tetap Jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. SObat yang me-link saya, saya balas dengan me-link sobat..

 
Dibuat Oleh: Aan Samudra